About

Cara Ampuh Jinakkan Kacer

Penggemar burung kicau sering mengalami rasa frustasi ketika burung-burungnya ada yang susah dijinakkan, terutama burung Kacer, karena kacer terkenal bandel dan susah untuk dijinakkan, baik itu kacer Poci maupun Kacer hitam. Usut punya usut, ternyata burung Kacer yang susah dijinakkan karena hasil tangkapan dari hutan, bukan hasil penangkaran.



Kali ini akan kami bagikan tips bagaimana cara menjinakkan burung Kacer yang bandel.
Memang diluaran sana banyak sekali ditemukan tentang tips dan trik cara jinakkan kacer baik itu kacer hitam maupun  kacer poci, dan masing-masing cara itu memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri-sendiri, artinya tidak semua trik dan tips itu bisa diterapkan buta semua orang.

Walau begitu, secara umum, semua cara jinakkan kacer poci atau kacer hitam adalah sama, hanya beberapa modifikasi saja yang membuatnya nampak berbeda.

Berikut garis besar cara jinakkan kacer:


  • Amati kacer anda, jika gelisah, tidak tenang, tidak mau makan dan minum, segera ungsikan kacer anda ketemepat yang aman, sepi dan tenang.
  • Dialam aslinya Kacer adalah burung yang rajin mandi, maka memandikan Kacer sampai basah kuyup adalah juga salah satu cara agar Kacer anda cepat jinak, sebab kebutuhan akan kebersihan dan kesegarannya terpenuhi.
  • Kondisikan Kacer anda sangat kelaparan, lalu kasihkan umpan jangkrik yang ditusuk pakai lidi panjang, dan secara perlahan, potong batang lidi anda semakin pendek, sampai Kacer mau mematuk jangkrik dari tangan anda.
  • Biarkan kandang kacer anda terbuka sepanjang hari, kecuali malam hari silahkan dikerong, untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Jika kacer sudah tidak lagi stress, gantanglah kacer anda ditempat lalu lalang orang ramai. Tujuannya untuk melatih mental kacer agar bandel.
  • Jangan Gantang kacer di tempat terlalu tinggi,  (sebagai rujukan mungkin bisa 1 meter diatas permukaan tanah)

Jika semua cara tersebut tidak juga mempan, maka satu-satunya jalan adalah titipkan Kacer anda ditempat orang julana burung, biasanya cara ini sangat ampuh untuk membuat kacer anda beradaptasi. 

Cara diatas bisa juga untuk di aplikasikan ke burung lain seperti ciblek maupun cucak jenggot.

0 Response to "Cara Ampuh Jinakkan Kacer "

Post a Comment