About

Cara Ternak Lovebird Lengkap Dengan Masalahnya


CARA TERNAK ANAKAN lovebird dan solusi masalah lovebird.



Jika anda berminat untuk menekuni bisnis ternak lovebird ini, namun masih minim ilmu dan skill,



silahkan pelajari langkah-langkah panduan untuk memulai beternak lovebird. Hal utama yang harus diperhatikan sebelum anda terjun dibisnis ini adalah soal passion, anda harus suka dengan segala tetek benggek lovebird dari A-Z. karena beternak menyangkut nyawa mahluk hidup, segala sesuatu yang anda lakukan bisa di katakan anda seperti maha punya. antara hidup dan mati peliharan anda sepenuhnya anda yang memegan itu. Jika anda berhasil membuat burung-burung lovebird ternakan anda sehat sejahtera dan produktif, maka anda akan mendapatkan kebanggan, serta kepuasan diri, yang bisa berujung pada rasa bahagia, ditambah keuntungan materi yang akan engalir deras, menambah sempurna! Menyiapkan kandang ternak lovebird. kandang lovebird haruslah kuat dana terbuat dari bahan-bahan yang kuat dan anti patokan lovebird, berbicara lovebird parung burung ini memang sangat kuat, di habidatnya alaminya burung ini memakan buah-buahan dan memtuk segala jenis kayu. kandan yang pas untuk lovebird terbuat dari bahan siku besi atau bambu, mengunakan kerangjang saringan pasir untuk sisinya. Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan jumlah koloni yang akan diternakkan. Ussahakan jangan terlalu sempit dan jangan terlalu longgar. Anda mungkin bisa mencobanya dengan ukuran 50x50x50, untuk proses awal beternak, dan seandainya nanti koloni bertambah anda tinggal bikin kandang baru lagi. Setelah kandang jadi, anda juga harus menyiuapkan kotak-kotak untuk tyempat bertelur lovebird, untuk ukuran kotak bertelur biasanya para peternak menggunakan ukuran 20x20x25. Jangan lupa didalam kotak bertelur sediakan bahan-bahan untuk alas pengeraman telur, anda bisa gunakan serutan hasil pengggergajian kayu, ataupun bulu-bulu unggas, rerumputan kering, dan lain-lain, sesuaikan saja dengan ketersediaaan bahan disekitar anda, yang bisa anda gunakan sebagai sarang telur anakan lovebird. memilih jenis bibit atau indukan lovebird. dalam memilih bibitan jangan sampai salah, bisa-bisa jantan semua atau betina semua hehehe,,, Lovebird bisa diternak atau memasuki masa produktif setelah memasuki usia diatas 7 bulan. Pilihlah Lovebird yang sehat dan tidak cacat, untuk betina pilihlah yang memiliki badan yang besar sebagai calon indukan dengan harapan nanti sang induk dapat mengerami semua telurnya dengan sempurna, kadang ada masalah telurnya tidak menetas semua karena proses pengeraman yang tidak sempurna dan pilihlah lovebird berusia relatip masih muda agar masa produktifnya lebih lama. sebaiknya kita langsung membeli dari peternak yang sudah kita kenal.

1. pilih calon indukan betina yang lincah postur besar rajin ngoceh,

2. postur burung yang besar sangat perlu untuk mengerami semua telur-telur,

2. milih mata Lovebird yang besar dan bersinar.

pakan untuk anakan lovebird.

jika anda menggalami masalah, klo burung lovebird tidak mau memberi makan anaknya ini bisa anda lakukan, karna indukan lovebird terkadan ada yang tidak mua memberi makan anakan, kenapa ko bisa,,,karna induk tidak bisa atau tidak mau menggurus anakan, jika itu terjadi andalah yang mesti harus menggurusnya sendiri, tentu akan menyita banyak waktu, karna anakan harus di berimakan 2jam sekali sanpai 6-7 jam hinga 20-21. makana untuk lovebird yang berusia 1 minggu cara memberi makan dengam bubur susun diberi air hangat kuku, harus telaten jika usia burung sudah mencapai usia 2-3 minggu anda boleh memberikan makanan beraneka, seperti milet dan buah-buahan. menangani lovebird yang sakit/terserang sakit mata. lovebird memang bisa di katakan burung yang sangat lemah pertahanan tubuhnya, sering sekali terkena penyakit, tapi jika burung anda terkena penyakit mata, ini yang mesti anda lakukan. jika mata lovebird merah dan tedapat kunig-kunig di sisi matanya, itu berati sakit masih stadiun ringan. tapi jika mgejalanya sudah menbenkak dan lovebird sangat kurus sering mengantuk dan matok-matok, ini berati stadiun lanjut, tapi tidak bisa di katakan sakit parah, yang mesti anda lakukan memberi obat-obatan dan perawatan yang sering di perhatikan.

Yang harus disiapkan adalah:

1. Berikan Vitamin atau antibiotik untuk ketahanan tubuh burung2. Obat sakit mata tetes atau salep.3. Kain bersih.4. Air hangat.

Cara penanganan, selama Lovebird sakit:

1. Selama sakit dikrodong, jauhkan dari sinar matahari dan jangan dimandikan. 2. Pemberian makanan seperti biasa, Millet Merah dan atau Putih. 3. EF hanya Jagung muda saja tanpa Kangkung & diberikan setiap hari. 4. Lovebird ditaruh di tempat yg minim akan angin dan sinar matahari 5. Beri vitamin pada air minumnya setiap hari sampai sembuh. 6. Pemberian air minum cukup 1/2 saja. 7. Bersihkan mata Lovebird yang sakit dengan kain yang sudah diberi air hangat. 8. Teteskan mata Lb yang sakit dengan obat tetes atau salep mata 1x sehari. 9. Untuk pencegahan sebaiknya mata yang tidak sakit juga ditetesi obat juga. 10. Kotoran dibersihkan setiap hari. Ada banyak cara perawatan yang dilakukan untuk sakit mata pada Lovebird, yang saya utarakan diatas hanya salah satu dari banyaknya cara perawatan yang dilakukan oleh lovebird mania. Mudah-mudahan bermanfaat bagi temen-temen sekalian. jangan lupa baca artl selanjutnya tentang lovebird-lovebird

0 Response to "Cara Ternak Lovebird Lengkap Dengan Masalahnya"

Post a Comment